Teks laporan hasil observasi berikut untuk soal nomor 1–5.
Inovasi pada Pelayanan KRL Kereta Rel Listrik (KRL) adalah kereta yang rodanya digerakkan oleh mesin listrik yang dialiri dari atas KRL. KRL menggunakan jalur rute dengan sepasang rel yang melintang di atas tanah. Di Indonesia KRL adalah kereta dengan tenaga listrik yang dioperasikan di samping MRT dan LRT. Satu rangkaian KRL terdiri atas 12 gerbong. Satu rangkaian tersebut memiliki kapasitas penumpang 2.000 orang. Tiap gerbong memiliki panjang 20 meter, luas 2,99 meter, dan tinggi 3,82 meter. Tiap gerbong memiliki tiga pintu. Kereta berangkat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun tujuan KRL menyediakan layanan khusus untuk penumpang perempuan. Dari 12 gerbong di tiap rangkaian kereta, gerbong pertama dan terakhir dikhususkan untuk penumpang wanita. Kebijakan ini berlaku sejak 19 Agustus 2010. Inovasi lain, seperti e-ticketing, tempat duduk prioritas di kereta dan peron, dan aplikasi KRL sudah dilakukan untuk memudahkan penumpang. Penumpang KRL menjadi lebih mudah, nyaman, dan aman saat menaiki KRL. Kecepatan KRL mencapai 100 km/jam sehingga tempat tujuan dapat ditempuh lebih cepat. Kemudahan-kemudahan yang dirasakan masyarakat, menjadikan KRL sebagai transportasi yang memiliki banyak peminat. Sistem transportasi yang bebas polusi dan modern ini menawarkan kemudahan dan kenyamanan. Mobilitasnya yang cepat dan bebas macet juga menjadi faktor yang membuat masyarakat memilih KRL. Sumber: https://www.krl.co.id/, diakses 2 Desember 2022
1. Jelaskan penyajian data yang terdapat dalam teks tersebut!
2. Dalam teks laporan hasil observasi tersebut, terdapat beberapa paragraf eksposisi. Menurutmu, mengapa penulis menggunakan paragraf eksposisi?
3. Untuk apa penggunaan kalimat objektif dalam paragraf terakhir?
4. Tuliskan informasi yang kamu peroleh dalam teks tersebut!
5. Apa saja informasi yang disajikan dalam paragraf deskripsi? Mengapa informasi tersebut disampaikan dalam paragraf deskripsi?
Menyeberangi Pulau dengan Kendaraan Pribadi Kapal feri merupakan alat transportasi air yang digunakan untuk menyeberangi selat, sungai, atau terusan. Kapal feri digunakan untuk perjalanan jarak pendek. Kapal feri Perhatikan teks berikut ini!
maupun dengan kendaraan umum. Tiket daring memudahkan penumpang mendapat tiket tanpa harus berdesakan. Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/05/07/131100526/asdp-tak-layani-pembelian-tiket-offline-ini-cara-memesan- tiket-ferry-secara, diakses 3 Desember 2022.
1. Paragraf manakah yang merupakan struktur deskripsi bagian? Mengapa demikian?
2. Tuliskan kesimpulan berdasarkan teks tersebut!
3. Temukan kesalahan kebahasaan dalam teks tersebut, lalu perbaiki!
4. Paragraf kedua merupakan bagian struktur deskripsi bagian. Apa yang menunjukkan bagian tersebut?
5. Tuliskan kalimat definisi dan klasifikasi dalam teks tersebut! Jelaskan penggunaan kalimat tersebut sudah tepat atau belum.
sering digunakan untuk menyeberangkan orang dan barang, seperti mobil ke pulau seberang. Mobil akan masuk ke lambung kapal dengan tertib. Di lambung kapal inilah, mobil akan diparkir selama kapal melakukan perjalanan. Untuk memarkir mobil, petugas kapal akan membantu agar arus lalu lintas kendaraan tertib dan teratur. Tidak hanya mobil, kapal feri pun dapat digunakan untuk menyeberangkan bus. Kebijakan baru untuk membuat layanan tiket daring yang dikembangkan PT ASDP Indonesia Ferry bertujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk penumpang. Karena kapal feri memiliki banyak peminat, penumpukan penumpang saat membeli tiket sering terjadi di pelabuhan. Inovasi ini dapat menghindari situasi tidak nyaman tersebut. Kapal feri yang dapat menyeberangkan orang dan barang diminati banyak penumpang. Penumpang dapat melakukan perjalanan antarpulau baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Tiket daring memudahkan penumpang mendapat tiket tanpa harus berdesakan. Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/05/07/131100526/asdp-tak-layani-pembelian-tiket-offline-ini-cara-memesan- tiket-ferry-secara, diakses 3 Desember 2022