Saturday, 19 April 2025

contoh soal AKM teks LHO

 

 Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 

 Topik: Kebiasaan peserta didik mencuci tangan sebelum makan di sekolah.

 1. Jika kamu menyusun artikel dengan topik tersebut, cara apa yang kamu pilih? (Jawaban bisa lebih dari satu) 

 ☐ melakukan wawancara 

 ☐ membagikan kuisioner 

 ☐ membaca tulisan orang lain 

 ☐ mencari dari internet


2. Pasangkan jenis kalimat dengan kalimat yang sesuai!

perbandingan                      Lari Imam lambat di awal fase, tetapi kian cepat menjelang garis                                                             finish. 

                                             Siswa SMP Harapan berhasil memenangkan perlombaan e-sport,                                                          seperti tahun sebelumnya. 

analogi                                  Teman Bayu di sekolah sangat baik, layaknya keluarga sendiri. 

                                              Peserta didik kelas sembilan merasakan susah senang belajar bersama                                                 selama tiga tahun. 

antonim                                 Program kerja ketua OSIS SMP Bakti Jaya selaras dengan nilai-nilai                                                      sekolah. 

                                              Sherin selalu menang di setiap perlombaan umpama diikuti dewi fortuna.


Artikel berikut untuk soal nomor 3–5. 

Kepala Sekolah di UPTD SMP Negeri 2 Tanjung Balai, Watini, meminta salah seorang guru mata pelajaran mengerjakan tugas tambahan. Ia meminta salah satu guru menjadi petugas perpustakaan. Pada awal tahun ajar 2022–2023, guru yang ditunjuk mulai mengumpulkan buku-buku nonteks. Ternyata, buku nonteks yang dimiliki SMPN 2 Tanjung Balai cukup banyak. Jumlah buku hampir mencapai seratus eksemplar dengan beragam judul. Jumlah tersebut melebihi jumlah siswa yang ada, yang berjumlah 71 orang. Watini mengajak seluruh guru dan siswa untuk membaca bersama selama 15 menit. Kegiatan tersebut dilakukan pada 8 September, bertepatan dengan hari Literasi Nasional. Kegiatan itu dilakukan di halaman sekolah. Buku-buku yang ada di perpustakaan dikeluarkan dan disusun di atas meja. Kemudian, siswa dan guru memilih dan membaca buku yang tersedia. Mereka mengambil tempat duduk yang nyaman untuk membaca buku tersebut. Setelah 15 menit, seluruh siswa mengembalikan buku dan menyusun kembali di meja yang tersedia dan masuk ke kelas masing-masing,’’ sebutnya. Setelah di dalam kelas, guru memilih dua orang siswa secara acak dan meminta mereka menyampaikan isi buku yang sudah dibacanya. Dengan antusias siswa menyampaikan hal yang didapat dari buku yang mereka baca. Beberapa siswa mengatakan mereka sangat senang membaca buku tersebut. Melihat antusias siswa, Watini membuat program rutin. Setiap minggu, siswa dibolehkan meminjam buku di perpustakaan, minimal satu buku. Selain meminjam buku untuk dibawa pulang, pada jam istirahat atau saat ada guru yang berhalangan hadir siswa dapat ke perpustakaan untuk membaca buku. Watini berharap minat membaca siswa makin meningkat dan menjadi budaya.

3. Informasi paragraf pertama artikel tersebut adalah . . . 

 Kepala SMPN 2 Tanjung Balai mengajak guru dan siswa meningkatkan kegiatan membaca. 

 Kepala SMPN 2 Tanjung Balai meminta salah satu guru menjadi petugas perpustakaan. 

 Kepala SMPN 2 Tanjung Balai mendampingi langsung program peningkatan membaca di sekolah. 

 Kepala SMPN 2 Tanjung Balai mengapresiasi siswa yang mengikuti program peningkatan membaca. 

 4. Artikel tersebut memiliki kalimat fakta dan kalimat opini. Tunjukkan kalimat bercetak miring yang merupakan kalimat fakta atau kalimat opini dan sesuaikan dengan paragrafnya! (Jawaban lebih dari satu) 

☐ paragraf pertama, kalimat fakta 

☐ paragraf kedua, kalimat fakta 

☐ paragraf ketiga, kalimat opini 

☐ paragraf keempat, kalimat opini 


 5. Pasangkan topik artikel dengan tujuan penulisan yang sesuai! 

 1. Minat peserta didik kelas VIII mengikuti ekskul mading dan jurnalistik. 

 2. Kepedulian peserta didik kelas VIII terhadap teman disabilitas. 

3. Kebiasaan peserta didik kelas VIII mengendarai sepeda ke sekolah. 

4. Budaya menulis jurnal pribadi pada peserta didik kelas VIII. 

 Untuk mendapatkan informasi tentang jumlah tulisan yang dibuat peserta didik dalam satu bulan. 

 Untuk mengetahui banyaknya peserta didik ke sekolah mengendarai sepeda. 

 Untuk mendapatkan informasi tentang jumlah teman dekat yang dimiliki peserta didik disabilitas. 

 Untuk mengetahui banyaknya peserta didik yang mengikuti ekskul mading dan jurnalistik. 

 Untuk mengetahui banyaknya peserta didik yang gemar mengendarai sepeda. 

 Untuk mengetahui tingkat kepedulian peserta didik terhadap sesama teman. 


 sumber: aplikasi jelajah ilmu


contoh soal AKM teks LHO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: melati