Wednesday, 3 September 2025

Pertemuan 3 Literasi B.Indonesia XI

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 40 s.d. 43!

(1) Indonesia memiliki kata yang cukup unik untuk mengekspresikan tertawa di internet. (2) Netizen Indonesia sering kali menggunakan kata wkwk (baca: weka-weka) untuk ekspresi kala gembira, senang dan geli tersebut. (3) Penggunaan kata wkwk di Indonesia bisa dikatakan sangat unik. (4) Warga dunia biasanya memilih istilah laugh out loud yang sering kali disingkat LOL atau haha untuk menggambarkan situasi tertawa. (5) Adapun, wkwk hanya digunakan orang Indonesia. (6) […], dari mana kata wkwk itu berasal?

(7) Para anggota Quora asal Indonesia pun berlomba-lomba menjawab pertanyaan tersebut. (8) Salah satu pengguna Quora yang bernama Dio Wijayanto Nugroho menuturkan bahwa kata wkwk lahir di komunitas game online. (9) Penggunaan kata haha dianggap sangat formal di dunia game. (10) Pemain lebih memilih untuk menggunakan kata huehue dan huahua untuk ekspresi tertawa. (11) Nah, sama seperti gua menjadi gw, huruf U yang ada di huehue dan huahua diubah menjadi W sehingga pemain memilih menggunakan kata hwhwhw. (12) Kemudian, kata itu berubah lagi menjadi wkwk dengan alasan lebih mudah diketik dibandingkan haha. (13) Pemain game online bisa mengetikkan huruf W tanpa menggerakkan tangan kiri, sedangkan huruf K bisa diketik tanpa menggerakkan tangan kanan.

40. Kalimat yang bebas dari kesalahan penulisan adalah ….

  1. (2)
  2. (4)
  3. (5)
  4. (11)
  5. (12)

 

41. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat (6) agar padu adalah ….

  1. dengan demikian
  2. lantas
  3. jadi
  4. sebenarnya
  5. namun

 

42. Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ….

  1. anggota Quora berlomba menjawab asal katawkwk
  2. wkwk berasal dari komunitas game online
  3. asal mula munculnya kata wkwk
  4. wkwk muncul karena kebiasaan para pemain game online
  5. salah satu pendapat mengenai asal kata wkwk

 

43. Gagasan utama kalimat (8) adalah …

  1. Salah satu pengguna Quora bernama Dio Wijayanto.
  2. Dio Wijayanto Nugroho menuturkanwkwk lahir di komunitas game online.
  3. Pengguna Quora menuturkan wkwk lahir di komunitas game online.
  4. Kata wkwk lahir di komunitas game online.
  5. Nugroho menuturkan kata wkwk di komunitas game online.

 

44. (1) Ide bisnis dengan modal kecil bisa dimulai dari rumah, terutama bagi para pencinta kucing. (2) Kucing adalah hewan peliharaan yang imut dan lucu. (3) Biasanya, orang memelihara kucing untuk menghilangkan rasa kesepian, tetapi sebetulnya ada peluang bisnis yang menarik di luar hal tersebut. (4) Contoh peluang bisnis tersebut adalah menjadi content creator. (5) Pemilik kucing bisa membuat konten tentang kucingnya, seperti cara perawatannya, jenis makanan yang dikonsumsinya, atau tingkah lucu dari kucingnya tersebut. (6) Saat membuat konten, pemilik kucing juga bisa memakaikan baju atau aksesori pada kucingnya. (7) Pemilik kucing pun bisa mendapatkan sumber pendapatan baru apabila ia juga menjual baju dan aksesori tersebut. (8) Jika tidak bisa memproduksi baju dan aksesori kucing sendiri, pemilik kucing harus bisa mencari produsen yang menjual barang-barang tersebut dengan harga murah agar ia tetap mendapat keuntungan saat menjual kembali produknya. (9) Selain baju dan aksesori, pemilik kucing juga bisa mendapat pendapatan tambahan dengan menjual makanan favorit kucingnya. (10) Menjual makanan favorit kucing peliharaan juga bisa dilakukan dengan modal yang tidak besar. (11) Dengan melakukan hal-hal tersebut, pencinta kucing dapat mendapatkan cuan sambil menjalani hal yang disenangi.

Tanggapan berupa opini yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

  1. Saat ini, pencinta kucing dapat memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil.
  2. Salah satu ide bisnis yang paling murah untuk pencinta kucing adalah menjual makanan kucing.
  3. Sebaiknya, pencinta kucing memulai bisnis yang berkaitan dengan kucing sesuai dengan kemampuan dan modal yang dimiliki.
  4. Banyaknya peluang bisnis bagi pencinta kucing membuat banyak content creator yang memanfaatkan kucing peliharaannya.
  5. Hanya content creator yang dapat membagikan kegiatannya bersama kucing peliharaannya dan membuatnya jadi ide bisnis yang paling menarik.

45. (1) Pada 16 November 2010, angklung diakui sebagai Warisan Budaya Dunia Kategori Tak Benda oleh UNESCO. (2) Namun, pelestarian angklung di Indonesia tentu menghadapi hambatan. (3) Perkara klasik seperti tidak adanya regenerasi, baik dari sisi seniman maupun perajin angklung, masih menjadi masalah utama. (4) Bahkan, setelah lebih dari 10 tahun ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, angklung tak banyak memiliki peminat dalam tataran generasi muda.

    (5) Padahal, perkembangan angklung di mancanegara justru menunjukkan kecenderungan positif. (6) Angklung sedikitnya dimainkan di 131 negara, baik di sekolah maupun komunitas. (7) Sebagai contoh, di Amerika Serikat, alat musik Sunda itu dimainkan di universitas-universitas di Pennsylvania dan Hawaii. (8) Melihat hal itu, ada paradoks yang nyata: angklung diminati di negara lain, tetapi ditinggalkan di negara asalnya. (9) Oleh karena itu, regenerasi pemain angklung di Indonesia saat ini perlu menjadi perhatian dari semua pihak. (10) Pembuatan program pelestarian angklung juga menjadi hal yang penting. (11) Angklung mungkin harus dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dari jenjang dasar untuk menjaga kelestariannya.

Mawarni, N. L. (2021). Indonesia dalam ancaman krisis regenerasi angklung. alinea.id. Diambil 3 November 2021 dari https://www.alinea.id/gaya-hidup/indonesia-dalam-ancaman-krisis-regenerasi-angklung-b2cDE97VR.

Apa gagasan utama paragraf pertama?

  1. Ada berbagai hambatan dalam pelestarian angklung di Indonesia. 
  2. Angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. 
  3. Angklung merupakan warisan budaya UNESCO yang sepi peminat. 
  4. Angklung sulit dilestarikan meskipun sudah jadi warisan budaya dunia.
  5. Angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia meskipun tak banyak diminati. 

 

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 46 dan 47!

Mengonsumsi Buah yang Benar dan Sehat

  1. Disarankan mengonsumsi buah 20—30 menit sebelum makan. Hal itu akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Buah juga akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sementara itu, mengonsumsi buah setelah makan akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa menjadi lebih lambat sehingga memicu begah, bahkan diare atau sakit perut.
  2. Disarankan makan buah satu jam sebelum berolahraga karena buah akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kekenyangan atau mual.
  3. Buah segar jauh lebih baik. Buah-buahan memang kaya akan serat dan berbagai vitamin. Namun, tidak demikian dengan buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses. Buah yang seperti ini umumnya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bahkan dapat pula mengandung pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh.

Superman is gone. (2016). Cara Makan Buah yang Benar. UHB News. Diambil 3 November 2021 dari http://news.uhb.ac.id/en/posts/cara-makan-buah-yang-benar/.

46.  Berdasarkan pernyataan pada poin 3, dapat diasumsikan bahwa …. 

  1. buah kalengan atau buah beku tidak dapat dikonsumsi karena berbahaya.
  2. buah dengan kandungan gula yang tinggi membahayakan kesehatan tubuh.
  3. kandungan yang tidak baik untuk tubuh mungkin terdapat pada buah beku. 
  4. pengawet atau bahan kimia tambahan menyebabkan buah tidak dapat dikonsumsi.
  5. kandungan gula yang tinggi dan pengawet terkandung dalam setiap buah kalengan.

 

47. Berdasarkan bacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa …. 

  1. buah segar harus dikonsumsi karena kaya serat dan berbagai vitamin 
  2. buah mengandung vitamin dan merupakan detoks yang efektif bagi tubuh 
  3. lambatnya penyerapan fruktosa menyebabkan begah, diare, dan sakit perut 
  4. mengonsumsi buah tepat sebelum berolahraga dapat meningkatkan energi 
  5. konsumsi buah usai makan membuat penyerapan buah oleh tubuh tidak maksimal 

 

 

(1) Perubahan sosial adalah perubahan pada masyarakat yang memengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, hingga pola perilaku. (2) Perubahan sosial akan selalu terjadi di masyarakat. (3) Manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa berkembang sekaligus berupaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik sehingga dinamika perubahan sosial tidak bisa dihindari.

    (4) Menurut Idraddin dan Irwan terdapat tiga dimensi dalam perubahan sosial, yaitu struktur sosial, interaksi sosial, dan budaya. (5) Berdasarkan tiga dimensi tersebut muncullah istilah perubahan sosial-budaya yang mencakup perubahan pada tingkatan kehidupan sosial dan budaya. (6) Hal itu dapat memberikan dampak di berbagai bidang yang saling memengaruhi atau memiliki hubungan timbal balik.

    (7) Perubahan sosial-budaya menyebabkan berkembangnya inovasi teknologi karena adanya modernisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan. (8) Adanya inovasi teknologi tersebut dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja serta menyebabkan eskalasi tenaga profesional. (9) Di sisi lain, perubahan sosial-budaya menyebabkan munculnya kesenjangan sosial-ekonomi karena tidak semua masyarakat memiliki kapasitas untuk meningkatkan taraf hidupnya. (10) Selain itu, perubahan sosial-budaya dapat menyebabkan disorientasi nilai dan norma budaya sehingga dapat memicu perilaku menyimpang, seperti kenakalan remaja.

Idhom, A. (2021). Dampak Perubahan Sosial Budaya terhadap Pendidikan dan Ekonomi. tirto.id. Diambil 02 November 2021 dari https://tirto.id/dampak-perubahan-sosial-budaya-terhadap-pendidikan-dan-ekonomi-gimD.

48. Paragraf 3 bacaan tersebut berfungsi untuk ….  

  1. melanjutkan pembahasan berdasarkan gagasan utama paragraf pertama  
  2. memerinci pembahasan yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya   
  3. menyimpulkan penyebab permasalahan yang diuraikan paragraf kedua  
  4. memberikan bukti empirik berdasarkan hal yang dijelaskan pada kalimat (5) 
  5. menguraikan implementasi yang dibahas pada paragraf sebelumnya 

Pertemuan 3 Literasi B.Indonesia XI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: melati

 

Top